Rabu, 10 September 2014

Cara Merawat Tas Batik

Saatnya Trasty batik membagi tips karena saat ini tas batik sudah menjadi tren. Tas ini juga bisa dengan mudah ditemukan di pasaran ataupun melalui media online. Namun, tahukah anda bahwa 
handmade bag ini dibandingkan dengan tas lainnya, memerlukan perlakuan berbeda dalam cara perawatannya? Perlakuan berbeda ini dikarenakan sifat kain batik yang butuh perawatan khusus agar warna kain batik tetap bagus tidak pudar dan kain batik awet tidak mudah koyak.



Berikut ini tips merawat tas batik ala Trasty Batik :

1. Simpan tas batik anda di dalam kain flanel atau plastik untuk melindungi bahan dan warna tas agar tidak rusak

2. isi tas batik anda dengan kertas bersih atau plastik untuk menjaga bentuk tas agar tidak berubah ketika disimpan, dan berikan beberapa bungkus kecil silica gel untuk menjaga kelembaban.

3. Cara untuk mencuci tas batik berbeda dari tas dari bahan lainnya. Kain batik yang menjadi bahan dari tas batik akan lebih awet jika kita mencucinya dengan cara khusus mencuci kain batik. Untuk mencuci tas batik gantilah deterjen yang biasanya kita gunakan untuk mencuci kain dengan obat khusus pencuci kain batik atau air lerak. Jika kedua bahan pencuci tersebut susah didapat, kita bisa menggunakan shampoo rambut untuk mencuci kain batik pada tas batik kesayangan kita dengan melarutkannya terlebih dahulu dengan air.

4. Agar tas batik awet, setelah dicuci jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jemurlah di tempat yang teduh atau cukup kita angina-anginkan hingga tas batik kering.

5. Setelah dijemur, hindari menyetrika kain batik pada tas secara langsung. Jika tas batik tampak sangat kusut, semprotkan sedikit air di atas kain batik lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, baru diseterika. Panas yang berlebih sangat berpengaruh pada warna kain batik yang diproses menggunakan malam.

6. Berhati-hatilah kalau kita ingin menyemprotkan sesuatu terlebih lagi berbahan kimia (parfum, pewangi kain, dll). Kain batik memiliki sifat cukup sensitive terlebih lagi kain batik berbahan sutera. Salah-salah kita menyeprotkan sesuatu bisa berakibat rusaknya motif batik atau mudah koyaknya kain.

Semoga Bermanfaat   :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar